Kamis, 17 April 2008

Apa Aja Ya Yang Ada Di Amazon.COM ; Ebay.COM ; Fastncheap.COM ;Bhineka.COM Dan Wordpress.COM. ?????

Electronic Commerce (eCommerce) merupakan salah satu buzzword yang sering diucapkan akhir-akhir ini. Karena saat ini dunia perdagangan telah berkembang menjadi dunia perdagangan global, dimana transaksi elektronis adalah suatu hal yang tidak mungkin terhindarkan.
Electronic Commerce (E-Commerce) adalah suatu contoh produk dari kemajuan Teknologi Informasi,dimana transaksi bisnis tidak lagi dilakukan secara konvensional, yang mengharuskan pembeli berinteraksi langsung dengan penjual (secara fisik) atau adanya keharusan menggunakan uang tunai (cash). Tetapi penjual diwakili oleh suatu sistem yang melayani pembeli secara online dengan melalui media jaringan komputer. Dalam melakukan transaksi, pembeli “berhadapan” dan berkomunikasi dengan sistem yang “mewakili” penjual.

Sebagai dampak dari E – commerce adalah marak bermunculannya “electronic shopping mall”, yaitu merupakan suatu web sites yang digunakan untuk menjajakan produk dan servis.
Para penjual produk dan servis membuat sebuah storefront yang menyediakan catalog produk dan servis yang diberikannya. Calon pembeli dapat melihat-lihat produk dan servis yang tersedia seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan window shopping. Bedanya, (calon) pembeli dapat melakukan shopping ini kapan sajadan darimana saja dia berada tanpa dibatasi oleh jam buka toko.

MEKANISME BELANJA
Mekanisme berbelanja melalui web shopping atau secara electronic shopping mall ini secara garis besar dapat dilakukan sebagai berikut:

- Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’ untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar. Konsep ‘shopping cart’ ini meniru kereta belanja yang biasanya digunakan orang untuk berbelanja di pasar swalayan. ‘Shopping cart’ biasanya berupa formulir dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database, dan HTML. Barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa di-cancel, jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut.

- Jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi. Biasanya form ini menanyakan identitas pembeli serta nomor kartu kredit. Karena informasi ini bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah, maka pihak
penyedia jasa e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman data-data tersebut berjalan secara aman, dengan menggunakan standar security tertentu.

- Setelah pembeli mengadakan transaksi, retailer akan mengirimkan barang yang dipesan melalui jasa pos langsung ke rumah pembeli. Beberapa cybershop menyediakan fasilitas bagi pembeli untuk mengecek status barang yang telah dikirim melalui internet

Contoh penggunaan web site untuk menjajakan produk dan servis antara lain:

1. Amazon http://www.amazon.com;

Amazon merupakan toko buku virtual yang menjual buku melalui web sitenya. Kesuksesan Amazon yang luar biasa menyebabkan toko buku lain harus melakukan hal yang sama.
Selain menjual buku amazon juga menawarkan berbagai produk lain,berikut jenis – jenis produk yang ditawarkan amazon, antara lain;
• Books
• Movies, Music & Games
• Digital Downloads
• Electronics & Computers
• Home & Garden
• Grocery
• Toys, Kids & Baby
• Apparel, Shoes & Jewelry
• Health & Beauty
• Sports & Outdoors
• Tools, Auto & Industrial
Dengan feature dan service sebagi berikut:
Selling on Amazon ; Publish on Kindle ;Sell Your Stuff - Fulfillment by Amazon; WebStore by Amazon ; Advantage Program ; Associates Program ; Amazon Exclusives ; Amazon Prime ; Amazon Bestsellers ; Amazon Daily Blog ; Amazon Wire Podcast ; Amazon Connect ; International Direct ; Finance Your Purchases ; Amazon Currency Converter ; Partner Services ; Broadband Services ; Financial Services ; Photo Services ; Travel Services; For Businesses; Corporate Accounts; Amazon Credit Card; All Business Center; For Developers; Amazon Web Services; For Advertiser; Advertise With Us; Paid Placeme

2. eBay http://www.ebay.com

Merupakan tempat lelang on-line.diman dalam situs ini dapat ditemukan berbagai barang, antara lain adalah sebagai berikut:
Antiques ; Art; Baby ;Books;Business & Industrial; Cameras & Photo;Cars, Boats, Vehicles & Parts
Cell Phones & PDAs; Clothing, Shoes & Accessories; Coins & Paper Money; Collectibles; Computers & Networking; Consumer Electronics; Crafts; Dolls & Bears; DVDs & Movies; Entertainment Memorabilia; Gift Certificates;Health & Beauty; Home & Garden; Jewelry & Watches; Music; Musical Instruments; Pottery & Glass; Real Estate; Specialty Services; Sporting Goods; Sports Mem, Cards ; Fan Shop; Stamps; Tickets; Toys & Hobbies; Travel; VideO; Games; Everything Else;Giving Works


3. Fast n cheap http://www.fastncheap.com

Barang – barang yang ditawarkan pada fastncheap.com dapat kita lihat bahwa barang – barang tersebut tidak bead jauh dengan barang – barang yang ditawarkan pada bhinneka.com.
Web site ini menjual berbagai jenis computer, vidio,softwere dan perangkatnya, dengan product genre yang lebih selengkapnya sebagai berikut:

Audio / Video;Cables & Adaptor; Computer Accessories; Cpu; Cases; Dekstop Pcs;Digital Cameras;Fingerprint Scanners;Game;Consoles;Graphic Cards;Input Device;Memory;Modems;Monitors;Motherboards;Mp3 / Mp4 ;layers;Networking Products;Notebook Accessories;Notebooks;Pda;Power Protection;Printers & Supplies;Processors;Sale;Scanners;Softwares;
Sound;Cards;Speaker;Storage & Media


Fast n cheap menyediakan pula layanan customer service yang dapat dihubungi oleh konsumen apabila mengalami ketidak nyamanan dalam transaksi. Atau konsumen ingin mengajukan pertanyaan mengenai produk & layanan fast n cheap. Customer service fast n cheap dapat dihubungi di :
• ICQ: 427135294
• YM: fastncheap_webmaster
• Email: cs@fastncheap.com
• Fax : +62-31-5028737
• Phone:+62-31-5013076 dan +62-31-5046740-4


4. Bhinneka http://www.bhinneka.com

Sebagai salah satu “electronic shopping mall” yang cukup terkenal bhinneka juga menyediakan produk berupa computer, notebook serta berbagai perangkatnya lengkap.
Berikut berbagi produk yang ditawarkan bhinneka dan menjadi Most popular search terms (the larger the words, the ore popular)

desktops handycam printer microsoft komputer macintosh motherboard power supply mp3 player software tas notebook switch screen projectors laptop dopod flash disk color printer adsl router logitech usb drive touchscreen cisco camera digital server vga card paper shredder kaspersky mesin absen handphone wide format printer utp cable 3d modelling apple gaming keyboard windows wireless mouse lcd monitor modem anti virus engraving pda processor video webcam bluetooth teleskop plasma gps nokia hard disk dvd writer microscope memory hp copyboard


5. Wordpress http://www.wordpress.com
Shopping web lain yang dapat menjadi alternatif pilihan berbelanja adalah wordprees.Dimana web ini menyediakan fasilitas product sebagi berikut:

Art Books Culture Entertainment Events Family
Food Friends Humor Life Love Music News Personal Photography Poetry Politics Random Religion Thoughts Travel Video Health Technology Writing

Jika anda termasuk pihak yang membutuhkan barang – barang tersebut maka wordpress dapat menjadi salah satu shopping web yang menjadi alternatif pilihan anda.


Jadi apapun pilihan anda sebagi tempat berbelanja secara online harus anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Sangat penting untuk mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai pergerakan harga product maupun service yang anda butuhkan pada berbagi web sites yang menawarkan layanan penjualan produk yang anda butuhkan. Selanjutnya anda dapat mempertimbangkan dan memilih shopping web mana yang menawarkan product dengan harga maupun layanan terbaik.

SELAMAT BERBELANJAAAAAAA……………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Pustaka:
http://www.wordpress.com
htpp://www.bhinneka.com
http://www.fastncheap.com
http://www.ebay.com
http://www.amazon.com;

Tidak ada komentar: